Welcome to ^noviana hanny^'s blog. Enjoy your visit here and please leave your comments after reading.. ^^

recent comment ^^

My beloved Friends ^^

Senin, 18 April 2011

Bahagia Berbagi Bahagia

Pada suatu hari Rasulullah SAW ditanya oleh sahabat beliau: “Ya Rasulullah, siapakah manusia yang paling dicintai oleh Allah?” Rasulullah SAW menjawab: “Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah manusia yang paling banyak bermanfaat dan berguna bagi manusia yang lain, sedangkan perbuatan yang paling dicintai Allah adalah memberikan kegembiraan kepada orang lain atau menghapuskan kesusahan orang lain, atau melunasi hutang orang yang tidak mampu untuk membayarnya, atau memberi makan kepada orang yang sedang kelaparan dan jika seseorang itu berjalan untuk menolong orang yang sedang kesusahan itu lebih baik aku sukai daripada beri’tikaf di masjidku ini selama satu bulan” (Hadits riwayat Thabrani).

Berbagi bahagia bukan hal yang mudah. Karena seringkali kebahagiaan itu didapat dengan perjuangan yang sama tidak mudahnya. Bahkan seringkali kebahagiaan itu harus kita dapatkan dengan mengorbankan apa yang kita sayangi.

Rasulullah SAW menegaskan tidak ada yang dimiliki seorang muslim yang tidak layak untuk dibagikan. Jika tidak memiliki sesuatu untuk dibagikan, hendaknya ia berbagi dengan memberikan manfaat dan kebaikan dengan orang lain (HR Muslim). Atau minimal berbagi bahagia lewat senyuman.

Berbagi telah diajarkan oleh alam, contohnya adalah kepompong yang berubah menjadi kupu-kupu. Kepompong selalu bersabar dan bertahan dalam derita fisik dan kesendirian dalam proses metamorfosisnya. Kebahagiaan besar kepompong adalah ketika dirinya sempurna menjadi kupu-kupu. Ia tidak lagi sakit dan dijauhi makhluk lain, karena ia telah menjadi idola dan membuat kagum karena pesona dan keindahannya. Tapi kupu-kupu tidak lengah oleh pesonanya. Kupu-kupu tidak terbuai dalam kebahagiaannya. Seketika ia terbang untuk berbagi bahagia dengan hinggap di pucuk-pucuk bunga yang tengah menantinya. Kupu-kupu membantu bunga-bunga, mengantar serbuk sari pada putik bunga lain. Bunga-bunga pun tersenyum bahagia. Demikianlah kupu-kupu terus terbang dan melakukan pekerjaan yang dicintainya.

Berbahagialah dengan berbagi kebahagiaan. Karena dengan membahagiakan orang lain, niscaya kebahagiaan akan kita dapatkan. Wallahua’lam bi showab.


Sumber: majalah “YATIM” edisi “Bahagia Berbagi Bahagia”

10 komentar:

asuransioke mengatakan... [Reply]

salam sahabat sungguh ini posting mantap untuk selalu berbagi kepada orang lain, itu tindakan terpuji, pahala akan didapatkan apalagi dengan ke-iklasan, nice post dan kren banget

Sepak Bola News = Soccer 足球新闻 mengatakan... [Reply]

mba Hanny makin kren saja postnya, boleh d diikutkan caranya, tks postnya ya?

Inspiration OnLine mengatakan... [Reply]

jika berbagi kepada org yg membutuhkan itu tindakan terpuji banget........ enjooooy cooooy

Nova Miladyarti mengatakan... [Reply]

wah..makasih sudah mencerahkan. mari kita berbagi:)

Inspiration OnLine mengatakan... [Reply]

Kini kumengungkap tanya
Siapakah dirinya?
Yang mengaku kekasihmu itu
Aku tak bisa memahami..........

lagu mantap Gan

Taman Sambas mengatakan... [Reply]

Subhanallah.....Andai Sesama Muslim mengikuti teladan Rasulallah, ane yakin umat Islam akan makmur kehidupan nya...Jika pemimpin Islam meneladani sifat2 Rasulallah dan Sahabat Nabi, Indonesia pasti sejahtera...Sikap Pelit dan rela membiarkan saudara nya terhimpit dalam kesusahan itu yang mengakar pada diri rakyat Indonesia.....Semoga kita tdak termasuk kedalam orang yang Kikir utk berbagi :D

asuransioke mengatakan... [Reply]

salam sahabat, saya sampai membaca berulang-ulang (Hadits riwayat Thabrani. Rupanya ini yang perlu disosialisikan terus, mantap

asuransioke mengatakan... [Reply]

makin ok saja nih blognya mba Novi dibaca dingin rasanya hati ini. OO... ia puisi masih belajar nih cara buatnya makanya yg mau kirim puisi, cerpen, curhat atau artikel lain terseraaaah dan penting enjooooy silakan kirim ke email ane prend_72@yahoo.com ... ttg FB mba Novi dah dicari kok ga ada ya nama ini,,,, huhuhuhu

adhie mempawah mengatakan... [Reply]

kunjungan perdana dan langsung comment. Kontent yang mencerahkan pikiran dan hati. Bahagia berbagi bahagia, Subhanallah... semoga yg mempunyai blog ini selalu berbahagia.

Noviana Hanny mengatakan... [Reply]

@asuransioke
amin, smg kita selalu bisa berbagi kebahagiaan y.. =D

@Sepak Bola News = Soccer 足球新闻
iy, sama2. keep share!! ^^9

@Inspiration OnLine
siPP siPP b^^d

@Nova Miladyarti
mari Nova, semoga kita selalu bisa dijalankannya y.. =)

@Inspiration OnLine
tapi nggak nyambung gan, WKWKWKWK.. XD~

@Taman Sambas
amin ya robbal alamin~ terimakasih doanya gan.. :terharu =')

@musashi
amin~ semangat mas salman!! ojo ngilang2.. ='(

@adhie mempawah
Allahuma amin~ semoga agan juga selalu bahagia, dunia akhirat, =D